Pages

Selasa, 28 Juli 2009



LOYALITAS


Sering kali salah pandangan terjadi dalam menilik kata loyalitas yang itu membuat kita terlalu dangkal memahaminya. Loyalitas=kesetiaan. Begitu definisi padatnya. Dan kini pertanyaannya adalah : Ditujukan pada siapakah loyalitas itu?
Pernah suatu ketika seorang kawan seorganisasi sekolah mengkritik sebuah kebijakan yang dibuat oleh sang ketua terkait biaya yang dikeluarkan untuh HUT Sekolah dinilai terlalu besar. Hanya mengkritik kawan. Atau apa ya cocoknya?Ah mempertanyakan. “Mengapa begitu?Mengapa ini begini?” Yah hanya karena mempertanyakan suatu hal yang telah disepakati forum, sang ketua langsung men cap nya tidak loyal, dan pernyataan itu diikuti para petinggi yang lain.
“Anda tak punya loyalitas yang tinggi pada organisasi”
Buat saya, tak masalah jika yang seperti ini terjadi pada kalangan intelektual setaraf saya yang waktu itu masih duduk di bangku SMA. Tapi bagaimana itu terjadi pada para aktivis dakwah diberbagai jamaah? Ketika seseorang yang mempertanyakan kebijakan jamaah dianggap tidak loyal, maka bukankah pandangan untuk siapa loyalitas dalam dakwah itu menjadi kabur?
Pun saya juga mempertanyakan, loyalitas yang dimiliki setiap pengemban dakwah tersebut ditujukan pada jamaah atau kah Allah?